Post Views: 292
Logo LPPM STAI MU Tanjungpinang

Unduh Panduan Penelitian Dosen Tetap Program Studi Dibawah ini :

Data Publikasi Penelitian Dosen Tetap Program Studi Semester Ganjil 2022-2023

NoNama DosenJudul ArtikelJenis PublikasiJudul JurnalLink Jurnal
1Muhammad ImaaduddinPengaruh Brand
Image Dan Brand Association Terhadap Purchase
Intention Pengguna
Marketplace Weddingku Di Indonesia
Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta (Sinta 5)Journal of Global
Business and Management Review
https://journal.uib.ac.id/index.php/jgbmr/article/view/7205/2890
2Hartoto,
Masjunaidi
Pengaruh Pendapatan Nelayan Terhadap Kesejahteraan
Masyarakat Desa Belungkur Dalam Perspektif Islam Di Kecamatan Lingga Timur Kabupaten Lingga
Jurnal NasionalJUNAMU
(Jurnal Miftahul Ulum)
https://journal.iaimutanjungpinang.ac.id/index.php/junamu/article/view/50/13
3HartotoAnalisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah pada
Bank Syari’ah Indonesia di
Tanjungpinang
Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta (Sinta 4)Syntax Literatehttps://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax- literate/article/view/10357/6168
4Muhammad Nur, Hairunnisa, Siti MariyahStudi Komparatif Intensitas dan Hasil Belajar Siswa Laki-Laki Dan Siswa Perempuan di
Madrasah Se Kota
Tanjungpinang
Jurnal Nasional ber-ISSNJurnal
Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS
– Dinasti Review
https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/1370/818
5Eka
Mayasari, Mutiara Yulia Effendi
The Effect of Blended
Learning Model and Learning
Motivation on Students’ Writing Ability of Public Islamic High School Students in Indonesia
Jurnal NasionalThe Journal of Educational Review and Cultural Studies (JERCS)https://journals.regalia-institute.com/index.php/JERP/article/view/1/1
6Amir Husin, Hernawati, MilasariPengaruh Gaya Belajar Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih Di
Madrasah Aliyah Negeri
Tanjungpinang
Jurnal NasionalJUNAMU
(Jurnal Miftahul Ulum)
https://journal.iaimutanjungpinang.ac.id/index.php/junamu/article/view/49/16
7Elmiwati, Mutiara
Yulia Effendi
The Impact of Using Technology as Media of
Studying toward English Students’s Speaking Ability
During Covid -19
Jurnal NasionalJUNAMU
(Jurnal Miftahul Ulum)
https://journal.iaimutanjungpinang.ac.id/index.php/junamu/article/view/51/11
8Muhammad Nur, HairunnisaMeningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Panjang Dan Berat Melalui Penggunaan Media Tabel Konversi Satuan Pada Siswa Kelas Ii B Sd Negeri 016 Tanjungpinang Timur Tahun Pelajaran 2021/2022Jurnal NasionalJUNAMU
(Jurnal Miftahul Ulum)
https://journal.iaimutanjungpinang.ac.id/index.php/junamu/article/view/46/12
9Nazaruddin, Ahmad Fadhil Rizki, MilasariPenerapan
Metode Talaqqi Dalam Membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Ibnu Kasim Nahdlatul Wathan Bintan
Jurnal NasionalJUNAMU
(Jurnal Miftahul Ulum)
https://journal.iaimutanjungpinang.ac.id/index.php/junamu/article/view/55/19
10Mega
Riyawati, Hairunnisa, Saripuddin
Analisis Modul Pembelajaran Bebasis Proyek “Kayanya Negeriku” Untuk Siswa Kelas IV Sekolah DasarJurnal Nasional ber-ISSNBASICA,
Journal of Art and Science in Primary Education
https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/basica/article/view/1965/982
11Zaimah, Suhardiman, Nursita Husaini, Ahmad Fadhil RizkiPenerapan Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 009 Tanjungpinang TimurJurnal Nasional Sinta (Sinta 5)Instructional Development Journalhttps://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ/article/view/13660

NONama DosenJudul ArtikelJenis PublikasiJudul JurnalLink Jurnal
1Ari BasukiIncreasing Concept Acquisition of Junior Secondary School Students Through Chemistry Local Content Program Based On The “Orang Laut” CultureJurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya (JPSA)Lihat Jurnal
2Ari BasukiIncreasing Culture Knowledge and Growing Environmental Awareness Attitude of Junior Secondary School Students Through Chemistry Local Content Program Based on The “Orang Laut” CultureJurnal Global Science Education JournalLihat Jurnal
3Ari BasukiEvaluasi Proses dan Hasil Rekrutmen PTK Non ASN Guru di Provinsi Kepulauan Riau
Jurnal Pendidikan dan KonselingLihat Jurnal
4Ari BasukiIdentifikasi Komponen Kemampuan Guru SD Dalam Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Di Kepulauan RiauJurnal Pendidikan dan KonselingLihat Jurnal
5ZaimahMenanamkan Nilai-Nilai Perdamaian Dalam Mewujudkan Negara IdealTERAJU (Jurnal Syariah dan Hukum)Lihat Jurnal
6Milasari, Lias Hasibuan, Kasful Anwar Us, Hakmi Wahyudi, Hendra SaputraPrinsip-prinsip Supervisi, Tipe/Gaya Supervisi, Komunikasi Dalam Supervisi Pendidikan dan Supervisi Pendidikan IslamIndonesian Journal of Islamic Educational ManagementLihat Jurnal
7Milasari, Hernawati Hernawati, Uray Ferry Haryanto, Ahmad Fadhil RizkiPengaruh Penerapan Sistem Work From Home terhadap Kinerja Guru SMPN 2 TanjungpinangInstructional Development JournalLihat Jurnal
8Milasari, Badarussyamsi, Ahmad SyukriFilsafat Ilmu dan Pengembangan Metode IlmiahJurnal Filsafat IndonesiaLihat Jurnal
9Zaimah, Nazaruddin, Nursita HusainiUrgensi Metode Cerita Islam bagi Guru PAI dalam Membentuk Akhlak Siswa di SD Sekota TanjungpinangJURNAL AL MUTHARAHAHLihat Jurnal
10ZaimahORIENTALIS VERSUS ULAMA:
STUDI KRITIK TERHADAP HADIS NABI
RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran IslamLihat Jurnal
11Zaimah, Suhardiman, Nursita Husaini, Ahmad Fadhil RizkiPenerapan Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 009 Tanjungpinang TimurInstructional Development JournalLihat Jurnal
12ZaimahMenanamkan Nilai-Nilai Perdamaian Dalam Mewujudkan Negara IdealTeraju: Jurnal Syariah dan HukumLihat Jurnal
13Amir Husin, Hernawati, Milasari, Rofiatul AdaniaPENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI TANJUNGPINANGJurnal Miftahul Ulum (JUNAMU)Lihat Jurnal
14Nazaruddin, Ahmad Fadhil Rizki, Milasari, MarlinPENERAPAN METODE TALAQQI DALAM MEMBACA Al-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN IBNU KASIM NAHDLATUL WATHAN BINTANJurnal Miftahul Ulum (JUNAMU)Lihat Jurnal

Adapun ruang lingkup standar nasional dalam kegiatan penelitian ini mencakup 8 (delapan) poin. Yaitu:

1. Standar Hasil Penelitian

Standar yang pertama dalam penelitian adalah dari aspek hasil penelitian. Hasil penelitian ini merupakan semua hasil luaran yang didapatkan selama melakukan kegiatan penelitian yang mengikuti prosedur dan standar yang ditetapkan.

Harapannya, hasil penelitian ini mampu mendukung pengembangan IPTEK sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Semua hasil penelitian yang tidak memiliki dampak negatif atau berbahaya maka perlu dipublikasikan.

Publikasinya sendiri bisa dengan cara diseminarkan, dipublikasikan, dipatenkan, dan lain sebagainya. Intinya, semua cara yang bisa membantu menyebarluaskan hasil penelitian agar mudah diakses masyarakat luas boleh dijadikan pilihan.

2. Standar Isi Penelitian

Standar penelitian yang kedua adalah terkait isi penelitian, yakni mencakup penelitian dasar dan penelitian terapan. Adapun yang dimaksud dengan isi penelitian adalah kriteria yang harus dipenuhi oleh isi penelitian itu sendiri.

Fokus utamanya adalah keluasan dan kedalaman isi penelitian tersebut. Pada penelitian dasar, isi penelitian diharapkan memenuhi kriteria sebagai hasil penelitian (luaran) berupa penjelasan atau penemuan yang bisa mengatasi masalah.

Sedangkan pada penelitian terapan, isi penelitian diharapkan fokusnya pada inovasi atau pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasil penelitian (luaran) kemudian bersifat aplikatif atau mudah untuk diterapkan agar bisa bekerja sesuai dengan harapan.

3. Standar Proses Penelitian

Standar Nasional Penelitian juga mencakup aspek proses penelitian, sehingga semua proses atau tahapan dalam penelitian harus sesuai standar. Standarnya adalah:

  • Kegiatan penelitian yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan.

  • Memenuhi kaidah dan metode ilmiah secara sistematis sesuai dengan otonomi keilmuan dan budaya akademik.

  • Mempertimbangkan standar mutu, keselamatan kerja, kesehatan, kenyamanan, serta keamanan peneliti, masyarakat, dan lingkungan.

4. Standar Penilaian Penelitian

Sebuah kegiatan penelitian nantinya juga akan dinilai bagaimana kualitasnya, prosedurnya sudah sesuai aturan atau belum, hasilnya sudah memenuhi kriteria atau belum, dan lain-lain.
Penelitian di perguruan tinggi diharapkan bisa memenuhi standar penilaian yang cakupannya:

  • Penilaian dilakukan secara terintegrasi dengan memenuhi aspek edukatif, objektif, akuntabel, dan transparan.

  • Harus memperhatikan standar isi, standar hasil, dan standar proses penelitian.

  • Menggunakan metode penelitian yang relevan, akuntabel, dan juga mewakili pencapaian kriteria proses dan hasil penelitian.

5. Standar Peneliti

Standar Nasional Penelitian selanjutnya adalah dari aspek peneliti. Jadi, tidak semua dosen bisa melakukan penelitian di lingkungan perguruan tinggi. Kecuali dosen tersebut memenuhi standar nasional yang mencakup:

  • Memiliki kemampuan untuk melakukan kegiatan penelitian.

  • Menguasai metode penelitian yang sesuai dengan bidang keilmuan yang ditekuni oleh dosen.

  • Menentukan kewenangan dalam melakukan kegiatan penelitian sesuai pedoman yang ditentukan oleh Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan.

6. Standar Sarana dan Prasarana Penelitian

Standar berikutnya adalah berhubungan dengan semua sarana dan prasarana kegiatan penelitian. Sarana dan prasarana yang dimaksudkan adalah semua fasilitas yang dimiliki dan disediakan perguruan tinggi untuk mendukung penelitian.

Sarana dan prasarana yang digunakan harus memenuhi standar, yaitu:

  • Memenuhi standar mutu.

  • Memenuhi standar keselamatan kerja.

  • Standar keamanan,

  • Standar kenyamanan,

  • Standar kesehatan, dan juga

  • Standar keamanan bagi peneliti, masyarakat, dan lingkungan sekitar.

7. Standar Pengelolaan Penelitian

Standar berikutnya adalah dari aspek pengelolaan penelitian, dimana setiap perguruan tinggi diharapkan memiliki tim yang mengelola kegiatan penelitian. Pengelolaannya diharapkan bisa dibuat sama atau mendekati dengan tata kelola penelitian dari berbagai lembaga penelitian di Indonesia.

Adapun tugas dari tim atau unit kerja yang menjadi bagian dari pengelola penelitian ini adalah untuk perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pemantauan dan evaluasi, serta pelaporan kegiatan penelitian.

8. Standar Pendanaan dan Pembiayaan Penelitian

Standar berikutnya adalah berkaitan dengan pendanaan dan pembiayaan penelitian. Jadi, ada batas dana minimal yang harus disediakan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan penelitian.

Dimana sumber dana ini bisa berasal dari dana internal perguruan tinggi, bisa juga dari pemerintah maupun lembaga dan industri yang menjadi mitra penelitian. Adanya standar batas minimal pendanaan membantu peneliti melaksanakan penelitian tanpa khawatir berhenti di tengah jalan karena kehabisan dana.

Detail Standar Nasional Penelitian yang dijelaskan di atas kemudian bisa dipahami mencakup aspek edukatif, objektif, akuntabel, dan juga transparan. Penetapan standar secara nasional ini membantu perguruan tinggi selaku penyelenggara penelitian menyediakan dukungan yang sesuai ketentuan.

Sekaligus membantu mengarahkan para dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Dampaknya, tak hanya membantu memenuhi tujuan penelitian nasional. Akan tetapi juga memastikan penelitian yang dilakukan bebas dari unsur plagiarisme dan manipulasi.